Keuntungan dari sistem manajemen informasi dalam pendidikan

Uncategorized

Manfaat sistem informasi manajemen di dunia pendidikan mencakup banyak bidang, termasuk

a.) Kondisi koneksi dan konfigurasi
Tautan dan pengaturan ini adalah tautan ke basis data sekolah, pengaturan tahun sekolah, dan kurikulum. Sekolah dapat lebih mudah menentukan tahun sekolah dan silabus melalui database yang sistematis. sistem informasi sekolah sekolah yang ingin mengaksesnya.
b.) administrasi siswa
Manajemen siswa adalah pemrosesan data siswa, mis. Misalnya, jejak siswa pelanggaran disiplin, data hasil siswa, data beasiswa, transfer data siswa ke siswa.
c.) Manajemen akademik
Keuntungan dari manajemen akademik termasuk menyediakan laporan tes reguler, data penilaian KTSP, data evaluasi CBK, data frekuensi, data bimbingan dan konseling, data kasus siswa, kurikulum, manajemen mata pelajaran, pemrograman dan kinerja akademik.
d.) Pengelolaan data guru dan karyawan
Data yang terkandung dalam kategori ini adalah manajemen biodata untuk guru dan staf, data tentang guru dan staf, sejarah pelatihan guru, pelatihan tambahan yang diperlukan untuk siswa dan staf sekolah (kursus, pelatihan, seminar, lokakarya, dll.). .).
e.) Manajemen keuangan sekolah
Manajemen keuangan sangat mendesak di suatu institusi. Masalah dan penggunaan keuangan juga merupakan masalah yang sangat rumit, karena menyangkut transparansi dan akuntabilitas suatu lembaga. Manajemen keuangan meliputi manajemen pembayaran biaya pendidikan, pengelolaan dana BOS (bantuan untuk operasi sekolah) dan penggunaannya, serta biaya tambahan, seperti biaya pelatihan, biaya tambahan, dll.
f.) Administrasi dan kontrol administrasi perpustakaan
Mengelola buku (judul, kategori, dan deskripsi) sangat penting untuk menyimpan data semua buku dan kertas di perpustakaan sekolah dan memonitornya dengan lebih mudah. Hal lain yang dapat dilihat dengan SIM mengenai keanggotaan dan status debitur, tingkat inventaris, registrasi dan keluar dari buku dan laporan terdiri dari: statistik pinjaman, statistik pengiriman, tinjauan pinjaman dan pengembalian.

? Manfaat SIM untuk sekolah
Perkembangan teknologi juga mendukung sistem manajemen informasi. Di sinilah siswa baru diterima. Banyak sekolah sudah menggunakan sistem pendaftaran online. Jika sistem ini memfasilitasi calon siswa untuk mendaftar di sekolah. Calon siswa hanya boleh memasukkan persyaratan file yang harus dipenuhi. Sekolah menyederhanakan pemilihan data dari siswa potensial, seperti pemilihan siswa potensial. Dan juga distribusi kuota antara sekolah kabupaten dan kota. Demikian pula, calon siswa dapat memantau apakah NEM berada dalam posisi aman atau tidak.
Karena proses pada saat penerimaan siswa baru adalah sebagai berikut:
1. Data dimasukkan oleh siswa potensial, dari biodata siswa ke nilai akademik siswa.
2. Kemudian dipilih dengan program yang memilih data calon siswa. Seleksi didasarkan pada nilai-nilai akademis siswa masa depan dan diakumulasikan terlepas dari apakah nilai berada dalam urutan kedatangan atau tidak.
3. Ada pedoman yang harus diikuti. Ketika siswa baru diterima, ada biro pendidikan, kepala sekolah, dan tim untuk menentukan kondisi yang harus dipenuhi siswa masa depan untuk masuk sekolah. Menurut standar JARDIKNAS (Departemen Pendidikan Nasional), laporan dari sekolah mana saja dan Dinas Pendidikan dapat dikomunikasikan dengan mudah dan cepat tanpa perlu menerbitkan ulang dan mencetak laporan, karena format laporan dan jaringan disesuaikan dan menggunakan konsep sinkronisasi online. Misalnya, jika sekolah sebelumnya terdaftar dan sekolah target didaftarkan di kota, siswa potensial hanya memiliki peluang 20% ??untuk memasuki sekolah dan harus mengatur transfer kabupaten.

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*